December 29, 2023

Merasakan Sensasi Unique Fine Dining Jakarta Selatan

Bagaimana rasanya jika makan malam dengan hidangan yang lezat, koktail istimewa, serta anggur, dan semua disajikan dalam suasana yang mewah? Jakarta, terutama, memiliki banyak opsi restoran fine dining yang dapat memenuhi keinginan tersebut.

Key Takeaways

  • Fine dining merujuk pada pengalaman makan di restoran yang memiliki kualitas dan formalitas lebih tinggi, suasana lebih elegan, dan cara penyajian makanan lebih formal.
  • Rasakan pengalaman unique fine dining yang berbeda di OD by Oyster Dealer ASHTA.

Di Jakarta, terdapat beberapa restoran mewah terbaik di Indonesia. Anda bisa memanjakan lidah dengan sajian khusus dari koki terkenal di seluruh dunia, sementara layanan VIP siap memenuhi harapan Anda. Akhiri hari Anda dengan semangat penuh di restoran fine dining favorit Anda.

Jika Anda berada di Jakarta Selatan, kini Anda juga dapat merasakan pengalaman makan malam yang mewah dan berkesan di restoran fine dining setempat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang unique fine dining, mulai dari definisinya hingga berbagai hidangan dan rekomendasi restoran unique fine dining di Jakarta Selatan yang layak untuk Anda kunjungi.

Apa Itu Fine Dining Experience?

Fine Dining di Jakarta Selatan

Konsep fine dining saat ini sedang naik daun dan jadi perbincangan banyak orang di media sosial. Kepopuleran fine dining ini tidaklah tanpa alasan yang jelas.

Fine dining dikenal karena menyajikan hidangan dan minuman yang istimewa. Selain itu, fine dining juga menawarkan suasana dan pengalaman yang berbeda dengan interior yang luar biasa, membuatnya terlihat sangat mewah.

Pertanyaannya, apa sebenarnya fine dining itu? Fine dining merujuk pada pengalaman makan di restoran yang memiliki kualitas dan formalitas lebih tinggi daripada restoran biasa. Di sini, suasana lebih elegan, dan cara penyajian makanan lebih formal.

Biasanya, restoran fine dining punya lebih banyak staf dengan tingkat pelatihan dan keahlian yang lebih tinggi. Anda bisa menemui chef terkenal, staf pelayan, dan staf bar yang sangat berpengetahuan. Terkadang, bahkan ada sommelier atau pakar makanan dan minuman lainnya untuk membantu Anda memilih makanan dan minuman.

Makanan di restoran fine dining memiliki kualitas tertinggi, dibuat dengan bahan-bahan mewah, dan disajikan dengan cara yang unik dan indah. Peralatan makan dan piringnya juga lebih mewah, bahkan dekorasi dan arsitektur bangunan restoran pun menjadi perhatian khusus.

Secara umum, fine dining adalah cara makan yang menawarkan pilihan menu ala carte atau prix fixe, biasanya di restoran kelas atas dengan konsep mewah dan formal. Keistimewaan konsep mewah tidak hanya terlihat dari desain interior, tapi juga dari jenis hidangan yang ditawarkan, pelayanan kepada tamu, dan peralatan makan yang digunakan.

Anda bisa menemukan konsep fine dining di berbagai restoran mewah, pusat perbelanjaan kelas atas, hingga hotel mewah.

 

Perbedaan Fine Dining dan Casual Dining

Lalu, apa saja perbedaan antara fine dining dengan casual dining?

Perbedaan Tempat dan Lokasi

Banyak restoran fine dining memiliki ukuran yang lebih kecil, dengan ruang makan yang tidak sebanyak restoran kasual. Restoran fine dining mungkin dimiliki dan dijalankan oleh seorang chef terkenal atau hanya memiliki beberapa lokasi dibandingkan dengan restoran cepat saji.

Hal ini memastikan bahwa pemilik dan chef dapat memberikan tingkat kualitas yang tinggi secara konsisten. Sebagai pelanggan, Anda akan mendapatkan perhatian pribadi dan layanan berkualitas dari seluruh anggota staf.

Di sisi lain, restoran kasual sering ditemui di berbagai lokasi dan kadang-kadang memiliki ukuran yang lebih besar. Setiap lokasi restoran mungkin juga lebih besar untuk menampung banyak pelanggan sekaligus. Meskipun di restoran kasual Anda bisa berharap mendapatkan pelayanan yang baik, namun setiap pelayan mungkin memiliki lebih banyak pelanggan. Oleh karena itu, Anda tidak akan mendapatkan tingkat perhatian pribadi seperti yang Anda alami di restoran fine dining. Tentu saja, ada beberapa pengecualian terkait perbedaan ini.

Perbedaan Harga

Ketika memilih antara restoran fine dining dan restoran casual, harga bisa menjadi pertimbangan yang signifikan. Harga mungkin bervariasi luas di berbagai daerah dan antara berbagai jenis restoran, tetapi secara umum, Anda akan menemui harga yang lebih tinggi di restoran fine dining dibandingkan dengan casual dining.

Restoran casual umumnya merupakan pilihan yang terjangkau untuk keluar kapan saja, sementara fine dining bagi banyak orang digunakan untuk acara istimewa, seperti merayakan ulang tahun, perayaan hari jadi, atau wisuda. Ada beberapa hal yang membuat restoran fine dining memiliki harga yang lebih tinggi dan akan dijelaskan dalam poin selanjutnya.

Pelayanan dan Staf

Dalam casual dining, para koki tetap memiliki pelatihan dan pengalaman meskipun mungkin tidak memiliki sertifikat resmi. Staf pelayan cenderung lebih santai namun tetap menjaga kesopanan terhadap pelanggan. Perhatian terhadap pelanggan juga diberikan secara merata.

Di sisi lain, dalam fine diningchef dan koki tidak diragukan lagi pengalamannya dan umumnya memiliki sertifikat yang meyakinkan. Para pelayan berpakaian rapi, formal, dengan gaya pelayanan yang tidak hanya sopan tetapi juga elegan. Melalui fine dining, Anda akan mendapatkan pelayanan dan perhatian yang istimewa.

Kualitas Sajian Makanan

Dalam casual dining, menu-menu makanan yang tersedia mengusung gaya makanan yang familier dan harganya lebih terjangkau. Anda bisa memilih sajian ala carte atau memilih prasmanan untuk menikmati beragam hidangan.

Sementara itu, fine dining menawarkan santapan yang tentu saja mewah, unik, dan memiliki harga yang lebih tinggi. Makanan disajikan dalam paket lengkap, mulai dari pembuka, hidangan utama, hingga penutup. Fine dining juga menggunakan bahan makanan berkualitas terbaik yang diperoleh secara khusus dan diolah oleh chef berpengalaman tinggi.

Sistem Reservasi

Sistem reservasi di restoran fine dining memiliki perbedaan dengan casual dining. Salah satu perbedaannya, yaitu ketika Anda berencana makan di restoran fine dining, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sebagian besar restoran fine dining menerapkan sistem reservasi untuk menciptakan kesan eksklusif, mengingat kapasitas mereka yang terbatas dibandingkan dengan restoran biasa.

Setelah melakukan reservasi, tamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai aturan yang berlaku di restoran fine dining, seperti ketentuan pembelian minimal untuk satu kali makan. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengalaman bersantap yang optimal bagi setiap tamu yang datang.

Baca juga: Mencari Rekomendasi Oyster Bar Restaurant Terbaik di Jakarta

 

Sejarah Fine Dining

sejarah adanya fine dining

Pada dasarnya, sejarah fine dining sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lahun setelah Revolusi Perancis. Revolusi Perancis menyebabkan banyak koki kehilangan pekerjaan di rumah tangga aristokrat. Koki-koki ini kemudian beralih fokus untuk menyajikan makan malam pribadi bagi mereka yang mampu dengan menu à la carte.

Kemudian, konsep fine dining dikembangkan oleh Auguste Escoffier, seorang chef yang mengubah konsep fine dining dengan mengenalkan sistem menu makanan yang lebih sedikit tetapi diolah dengan kualitas terbaik, ditambah dengan sistem dapur yang lebih teratur.

Kemudian, konsep fine dining disebarluaskan oleh Cesar Ritz yang bekerja sama dengan Escoffier dalam membangun restoran fine dining di Jerman dan Inggris dengan konsep yang mewah dan berkelas.

Michelin Guide juga menjadi salah satu faktor yang memperkuat popularitas fine dining. Pada tahun 1900, Michelin Guide pertama kali diterbitkan sebagai cara untuk mendorong konsumen melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil agar mereka bisa membeli lebih banyak ban Michelin. Panduan ini cerdiknya mempublikasikan daftar rekomendasi restoran yang layak dikunjungi, membedakan restoran fine dining dari yang lain.

Michelin Guide secara rinci mengulas setiap restoran, mencakup suasana, rasa, dan pengalaman fine dining yang ditawarkan oleh berbagai tempat makan, bahkan memberikan informasi tentang keahlian koki dalam mengolah makanan. Hingga saat ini, Michelin Guide menjadi acuan untuk menilai kualitas fine dining melalui sistem penilaian dan penghargaan bagi koki dan restoran terbaik. Michelin Star juga menjadi gelar prestis yang sangat diinginkan oleh banyak restoran.

 

Set Menu dalam Fine Dining

set fine dining

Umumnya, konsep fine dining menyajikan makanan dengan sistem set menu. Ini penting untuk menjaga konsistensi rasa dengan harga yang ditawarkan. Berikut adalah penjelasan dari set menu dalam fine dining yang umumnya disajikan:

Appetizer

Makanan pembuka atau yang sering disebut sebagai appetizer adalah hidangan kecil yang biasanya dinikmati sebelum makanan utama. Tujuan dari makanan pembuka ini adalah untuk merangsang selera makan sebelum hidangan utama disajikan, sehingga dapat menambah nafsu makan tamu sebelum mereka menikmati hidangan utama.

Main Course

Menu utama atau yang dikenal sebagai main course merupakan bagian yang paling dinantikan oleh para tamu. Dibandingkan dengan makanan pembuka, hidangan utama memiliki porsi yang lebih besar dan memberikan rasa kenyang. Bahan-bahan utama dalam hidangan ini biasanya melibatkan daging, salmon, ikan, nasi, pizza, dan berbagai bahan lainnya.

Dessert

Makanan penutup atau yang sering disebut sebagai dessert adalah hidangan yang dinikmati sebagai penyegar mulut di akhir makan. Hidangan ini memiliki rasa manis dan menyegarkan untuk menyimpulkan santapan. Beberapa contoh dessert meliputi kue, es krim, cokelat, puding, dan berbagai hidangan manis lainnya.

 

Merasakan Pengalaman Unique Fine Dining Jakarta di OD by Oyster Dealer ASHTA

Setelah mengenal dengan konsep fine dining, saatnya mencari restoran fine dining di Jakarta. Pada dasarnya, ada banyak restoran fine dining di Jakarta, tetap untuk pengalaman yang lebih berkesan, sebaiknya Anda memilih untuk mencoba makan di unique fine dining restaurant.

Untuk restoran unique fine dining Jakarta, kami merekomendasikan Anda untuk mencoba pengalaman unique fine dining di OD by Oyster Dealer ASHTA. Terletak di ASHTA District 8 SCBD, pusat kota Jakarta Selatan, OD by Oyster Dealer ASHTA merupakan restoran yang mengusung konsep oyster bar konseptual pertama di Indonesia, yang dikenal sebagai The First Conceptual Oyster Bar.

Melalui konsep ini, OD by Oyster Dealer ASHTA memberikan pengalaman yang unik bagi para pengunjung yang ingin menikmati hidangan oyster dengan nuansa istimewa. Interior restoran ini menciptakan atmosfer metropolis yang cocok untuk fine dining bersama pasangan, teman, atau rekan bisnis di pusat kota Jakarta.

Tidak hanya itu, OD by Oyster Dealer ASHTA juga memperkenalkan konsep omakase yang berfokus pada hidangan oyster. Dengan konsep ini, pengunjung dapat menikmati menu andalan pilihan chef sambil mendengarkan penjelasan rinci dari chef tentang asal-usul oyster, cara penyajian, hingga fakta-fakta menarik lainnya yang membuat pengalaman makan menjadi lebih intim dan istimewa.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Hits Kemang yang Bisa Kamu Kunjungi

 

Sajian Makanan di OD by Oyster Dealer ASHTA

french oyster

Sebagai tempat fine dining yang unik, OD by Oyster Dealer ASHTA membawa pengalaman oyster yang premium dan eksklusif, memberikan petualangan unik bagi para pecinta oyster untuk menikmati berbagai varian oyster. Dengan atmosfera metropolis yang khas, restoran ini cocok bagi mereka yang mencari sensasi urban di pusat Jakarta.

Pecinta oyster akan merasakan pengalaman eksplorasi yang luar biasa karena OD by Oyster Dealer ASHTA menawarkan beragam varian oyster dari berbagai benua, mulai dari Pacific Japan Oyster, European French Oyster, Olympia Australia Oyster, hingga varian lokal yang populer, seperti Pacific Oyster, Atlantic Oyster, dan Kumamoto Oyster.

OD by Oyster Dealer ASHTA menghadirkan sejumlah menu andalan yang pasti akan memukau selera Anda. Crispy Prawn Lemon Garlic yang lezat bisa dipadukan dengan oyster segar, sementara Fillet Mignon Oyster Reduction Tenderloin memberikan pengalaman istimewa dengan daging sapi berkualitas tinggi yang disajikan bersama oyster. Selain itu, beragam hidangan lain, seperti Sea & Land Risotto, Kilpatrick Risotto, Japanese Risotto Bowl, Vietnamese Braised Fish, Squid Rice Ink, The Dealer’s Shoyu Pasta, dan Sleeper Prawn Pasta siap memanjakan lidah Anda.

Tidak hanya itu, OD by Oyster Dealer ASHTA juga menyajikan berbagai minuman untuk melengkapi pengalaman bersantap Anda. Anda dapat menikmati signature cocktail City Horizon dan OD-Algona, atau memilih classic cocktails, seperti Mojito dan Gin Dry Martini. Bagi yang tidak menginginkan alkohol, tersedia mocktails seperti Ashtropica. Terdapat pula berbagai varian wine, champagne, dan sake yang akan meningkatkan keseluruhan pengalaman makan Anda di OD by Oyster Dealer ASHTA. Semua menu, mulai dari pembuka, hidangan utama, hingga dessert, dapat Anda pilih untuk membuat pengalaman makan Anda semakin tak terlupakan.

Rasakan pengalaman unique fine dining di OD by Oyster Dealer ASHTA. Kunjungi situs kami untuk informasi lebih lanjut.

Author Profile
Rio Saputra
General manager
Berpengalaman dalam memimpin operasi hospitalitas di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, Rio Saputra mengelola inovasi di berbagai restoran dan event. Melalui tulisannya, ia menyajikan pandangan mendalam tentang tren gaya hidup dan kuliner yang menarik.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram