Loading...
03 November 2023 Home/blog/sejarah-mocktail

Mengenal Sejarah Mocktail, Minuman Segar Tanpa Kandungan Alkohol

sejarah-mocktail image
Kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman mocktail, dimulai dari sejarah mocktail hingga bahan dasar minuman mocktail. Simak artikel berikut!

Jika Anda pernah mendengar minuman cocktail dan merasa sangat ingin mencobanya namun ternyata terhalang oleh kandungan alkohol di dalamnya, maka inilah saatnya Anda mengenal jenis minuman mocktail.

Minuman mocktail dibuat dengan berbagai varian rasa dan tampilan yang menarik, membuat semua orang yang melihat ingin mencicipinya. Fakta bahwa mocktail tidak mengandung alkohol tentu membawa kabar baik bagi Anda yang menginginkan minuman segar seperti cocktail namun tanpa alkohol.

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/minuman-jus-koktail-mocktails-2561091/

Key Takeaways:

  • Minuman mocktail adalah minuman segar mirip cocktail yang terbuat dari campuran jus buah atau sari buah yang kemudian dicampur dengan air soda. Air soda pada mocktail berperan sebagai pengganti kandungan alkohol dalam cocktail.
  • Tidak ada catatan sejarah mengenai penemu mocktail ataupun orang yang membuat mocktail pertama kali. Namun yang jelas, mocktail dibuat sebagai versi minuman cocktail tetapi tanpa alkohol.
  • Meski terlihat sama, mocktail dan cocktail adalah dua minuman yang berbeda. Perbedaan paling jelas adalah cocktail merupakan minuman beralkohol dan mocktail adalah minuman non alkohol.

Jadi, apakah mocktail benar-benar tidak mengandung alkohol? Jika Anda belum mengetahui dan baru mengenal mocktail hari ini, tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman mocktail, dimulai dari sejarah mocktail hingga bahan dasar minuman mocktail.

Penasaran tentang minuman mocktail? Simak artikel berikut dan Anda akan mudah mengenal tentang mocktail.

Apa itu Mocktail?

Mocktail adalah minuman segar yang populer di seluruh dunia. Mocktail adalah jenis minuman non alkohol yang dibuat menyerupai cocktail.

Biasanya, mocktail dibuat dengan beberapa potong buah-buahan, jus buah atau sari buah, air soda, dan beberapa pelengkap lainnya sebagai garnish. Meskipun mocktail tidak menggunakan kandungan alkohol, namun mocktail tetap dapat dinikmati sebagai minuman yang menyegarkan layaknya cocktail.

Sejarah Mocktail

Melansir themixer.com, kata mocktail pertama kali dikutip pada tahun 1916. Jenis mocktail yang terkenal saat itu adalah shirley temple.

Ini berawal ketika Shirley sedang makan bersama orang tuanya dan orang tuanya memesan cocktail untuk minuman mereka. Namun karena Shirley masih kecil dan dirasa belum cukup umur untuk mengonsumsi minuman beralkohol, maka dipesanlah minuman sejenis namun tanpa kandungan alkohol di dalamnya.

Akan tetapi, menurut laman cetbang.com, tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana minuman mocktail tercipta ataupun siapa penemunya. Hal ini karena tidak ada sejarah mana pun yang mencatat asal mula mocktail.

Namun menurutnya, mungkin saja minuman ini tercipta dari beberapa bartender yang membuat minuman ini. Hal ini dipicu oleh rasa penasaran konsumen yang ingin menikmati campuran minuman beralkohol dan non alkohol, sehingga para bartender berinovasi membuat minuman campuran yang akhirnya dikenal dengan nama squash.

Itu sebabnya kata mocktail berasal dari kata mock dalam bahasa Inggris yang artinya tiruan. Jadi, mocktail adalah minuman mirip cocktail namun tidak ada kandungan alkohol di dalamnya.

Pembuatan minuman ini juga tidak jauh berbeda dari cocktail. Perbedaannya hanya dari kandungannya saja, yaitu alkohol dan non alkohol. Mocktail lebih banyak menggunakan buah-buahan dan air soda sebagai pengganti alkohol.

 Baca juga: Cobain 6 Jenis Mocktail yang Seger Diminum saat Cuaca Panas

 

Fungsi Pembuatan Mocktail

Hingga saat ini, mocktail telah menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin menikmati minuman segar tanpa efek samping alkohol. Banyak restoran, bar, dan kafe menawarkan berbagai jenis mocktail dalam berbagai rasa dan tampilan. Mereka bisa sangat kreatif dalam tampilannya, seperti hiasan buah dan gula berwarna yang membuat minuman ini semakin menggugah selera.

Seiring dengan peningkatan kesadaran akan kesehatan dan kebutuhan untuk minuman yang lebih rendah kalori, mocktail semakin populer. Minuman ini memiliki kandungan gula yang lebih rendah daripada minuman beralkohol dan dapat disesuaikan dengan preferensi individu, misalnya dengan mengganti gula dengan pemanis buatan atau mengurangi jumlah sirup.

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/mocktail-shirley-temple-merah-3532886/

Mocktail juga berperan penting dalam budaya minum saat ini. Banyak orang mencari alternatif minuman yang menyegarkan tanpa alkohol. Mocktail menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sedang mengemban tugas pengemudi, yang tengah hamil, atau yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tanpa harus menahan diri dari minuman yang lezat.

Dalam beberapa tahun terakhir, mocktail juga menjadi lebih diterima dalam budaya cocktail. Banyak bartender profesional menciptakan mocktail yang inovatif dan menarik, memanfaatkan bahan-bahan segar, rempah-rempah, dan teknik penyajian yang menarik. Ini mengakibatkan perubahan persepsi bahwa minuman tanpa alkohol adalah pengganti yang kurang menarik, dan sebaliknya, mereka menjadi pilihan yang menarik dan mendalam.

Jika Anda penasaran dengan tampilan mocktail yang mirip dengan cocktail, Anda dapat langsung mencobanya di OD by Oyster Dealer. Di OD by Oyster Dealer , Anda akan disuguhkan dengan berbagai minuman mocktail dengan rasa dan tampilan yang sangat menyegarkan. Selain sajian mocktail, terdapat juga beberapa sajian makanan khususnya oyster yang sayang untuk Anda lewatkan. Anda tertarik? Reservasi sekarang juga dan nikmati suasana makan mewah di Jakarta.

whatsapp

facebook

linkedin

copy
whatsapp      facebook      linkedin      copy

Related Articles

Recent Updates